Friday, January 10, 2014

KISAH NYATA DALAM AL-QUR'AN : KISAH TERCIPTANYA NABI ADAM A.S DAN PEMBANGKANGAN IBLIS UTK BERSUJUD KEPADANYA

        Dan (ingatlah) ketika tuhanmu berfirman kepada para malaikat. "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan roh (Ciptaan)Ku, maka tunduklah maka tunduklah kamu dengan bersujud". Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (Malaikat) yang sujud itu. Allah SWT berfirman ; "Hai Iblis, apa sebabnya kamu tidak (Ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu ?" Berkata Iblis ; "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang telah engkau ciptakan dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Allah SWT berfirman ; "Keluarlah dari syurga, karena sesungguhnya kamu terkutuk, dan sesungguhnya kutukan itu akan tetap menimpamu sampai hari kiamat." Berkata Iblis ; "Ya tuhan ku (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan." Allah SWT berfirman ; "(kalauu begitu) maka sesungguhnya kamu termaksud orang-orang yang diberi tangguh, sampai hari (suatu) waktu yang telah di tentukan. Iblis berkata ; "Ya Tuhanku, oleh sebab engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan mi'sat) dimuka bumi dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hambae engkau yang mukhlis diantara mereka." Allah SWT berfirman ; "Ini adalah jika yang lurus, kewajiban Aku-lah (menjaganya); Sesungguhnya hamba-amba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikuti kamu, yaitu orang orang yang sesat. Dan sesungguhnya jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan). Semuanya jahanam itu mempunyai tujuh pintu tiap pinti (telah ditetapkan untuk golongan yang tertentu dari mereka). (Q.S.Al-Hijr: 28-44)

        Manusia yang pertama diciptakan oleh Allah SWT adalah Nabi Adam AS. Beliau di ciptakan dari tanah liat yang kering di berikan bentuk manusia, kemudian dimasukan/ditiupkan roh kepadanya sehingga jadilah bentuk manusia sempurna yaitu wujud Nabi Adam AS.
        Sebelum Allah menjadikan Nabi Adam, terlebih dahulu Allah telah menjadikan mkhluk lainnya yaitu Malaikat dan Jin/Iblis. Dimana Malaikat dijadikan dari nur (cahaya) dan Jin/Iblis dijadikan dari Api. Kedua makhluk tersebut mempunyai sifat dan tabi'at yang berbeada, artinya, Malaikat adalah mkhluk yang suci, tidak memiliki syahwat, tidak makan minum, dan tidak beristri, mereka hidup hanya semata-mata melaksanakan perintah Allah SWT. Sedangkan Iblis, aalah mkhluk yang kotor, sombong, dan durhaka kepada Allah, memiliki syahwat dan nafsu yang angkara, butuh makan, minum, dan beristri, serta memiliki keturunan yang banyak.
       Setalah Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT lalu Allah memanggil kedua makhluknya yaitu Malaikat dan Jin/Iblis. Mereka diperintahkannya untuk bersujud (kepada Nabi Adam AS). Kemudian Semua Malaikat sama bersujud kepada nabi Adam AS atas perintan Allah SWT kecuali Iblis yang membangkang dan tidak mau bersujud kepadanya lantaran ia dijadikan dari Api sedangkan Nabi Adam dari tanah. Karena itu Allah mengusirnya dari syurga dan ia digolonngkan orang-orang yang kafir yang menadi penghni Neraka.

Categories:

0 comments:

Post a Comment