Tuesday, January 20, 2015

Jurnalistik : Pengertian broadcasting



Broadcast adalah suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melaluisatelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya, dan bisa juga didefinisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data kepada beberapa clientsekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau audio.

Pendidikan broadcast meliputi :
1.Presenter
2.Kameramen
3.Wartawan media
4.Dunia perfilman, seperti: sutradara, produser, editing dll


1. Presenter :


Presenter, atau host adalah orang atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menjalankansebuah event. misalnya, mungkin menjadi presenter atau host dari pameran. Demikian juga,seorang master upacara (juga MC, pembawa acara, atau host) adalah orang yang host atau dalam suatu acara, presenter (tetapi tidak host) adalah produser eksekutif biasanya terkenal dikreditkan dengan memperkenalkan. sebuah film atau pembuat film untuk audiens yang lebih besar. Padamedia penyiaran presenter adalah orang yang host, menceritakan, hadiah, atau mengambil peranutama dalam program ini.

2. Kameraman :

kameramen adalah operator profesional dari sebuah kamera film atau video. Dalam pembuatan film, juru kamera terkemuka biasanya disebut sineas, sementara seorang juru kamera dalamproduksi video mungkin dikenal sebagai operator kamera televisi, operator kamera video, atauvideografer, tergantung pada konteks dan teknologi yang terlibat, biasanya beroperasi kameravideo profesional.

Kameramen bertanggung jawab untuk mengoperasikan kamera secara fisik dan memeliharakomposisi dan sudut kamera seluruh adegan yang diberikan atau ditembak. Dalam pembuatan filmnaratif, operator kamera akan berkolaborasi dengan direktur, direktur fotografi, aktor dan kruuntuk membuat keputusan teknis dan kreatif. Dalam pengaturan ini, operator kamera adalahbagian dari kru film yang terdiri dari direktur fotografi dan satu atau lebih asisten kamera. Dalampembuatan film dokumenter dan berita, kamera sering dipanggil untuk film berlangsung.

3. Wartawan :

Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang melakukan jurnalisme, yaitu orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/ dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

0 comments:

Post a Comment